Fungsi dan Tujuan

Fungsi dari Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API) adalah sebagai wadah komunikasi dan konsultasi anggota mengenai hal-hal yang berkaitan dengan industri dan perdagangan di sektor tekstil dan produk tekstil (TPT) nasional (Pasal 10 Anggaran Dasar) dengan tugas pokoknya (Pasal 11 Angaran Dasar) sebagai berikut :

  • Mewakili kepentingan dan kebutuhan anggota dalam berbagai forum penentuan kebijakan yang berkaitan dan atau berhubungan dengan industri dan perdagangan TPT.
  • Melaksanakan komunikasi, konsultasi, dan advokasi dengan pemerintah dan atau lembaga lainnya dalam rangka mewakili kepentingan dan kebutuhan anggota.
  • Mewakili kepentingan dan kebutuhan anggota untuk berhubungan dengan pemerintahan asing dan atau lembaga internasional yang berkaitan dan atau berhubungan dengan industri dan perdagangan TPT.

Sedangkan tujuannya (Pasal 8 Anggaran Dasar) adalah :

  • Membina, memajukan dan mengembangkan jiwa serta kemampuan dan keterampilan pengusaha TPT Indonesia sebagai pelaku ekonomi dalam rangka mewujudkan kehidupan dunia usaha yang sehat dan tertib berdasarkan Pasal 33 Undang-Undang Dasar 1945.
  • Menghimpun dan menggalang ketertiban seluruh daya masyarakat TPT Indonesia untuk aktif ikut berpartisipasi dalam pembangunan nasional, khususnya dibidang TPT guna mewujudkan cita-cita masyarakat adil dan makmur yang merata.
  • Menciptakan dan mengembangkan iklim usaha yang memungkinkan keikutsertaan yang seluas-luasnya bagi perusahaan TPT Indonesia, sehingga mereka dapat berperan secara efektif dalam pembangunan nasional.